ARTIKEL PEMISAHAN CAMPURAN



PEMBAHASAN
A. DEFINISI CAMPURAN
Bottom of Form
Top of Form
Campuran adalah materi yang terdiri atas dua macam zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat asalnya. Campuran dibagi menjadi 3 :
a. Campuran Homogen (Homogeneous Mixture)
Campuran ini disebut juga larutan (solution) yaitu campuran yang serba sama, atau campuran yang antara pelarut dan zat terlarut sulit sekali dibedakan.
Contohnya : larutan gula, dan larutan garam
b. Campuran Heterogen (Heterogeneous Mixture)
Campuran ini disebut suspensi (Suspend) yaitu campuran yang tidak sama, sehingga mudah dibedakan.
B. DEFINISI FILTRASI
          Filtrasi adalah proses pemisahan dari campuran heterogen yang mengandung cairan dan partikel-partikel padat dengan menggunakan media filter yang hanya meloloskan cairan dan menahan partikel-partikel padat.

C. PROSES FILTRASI

Proses filtrasi yang sederhana adalah proses penyaringan dengan dengan media filter kertas saring .

Kertas saring kita potong melingkar jika masih bentuk lembaran empat persegi panjang atau kubus, jika telah berbentuk lingkaran lipat dua, sebanyak tiga atau empat kali.

gambar-15.4-300x295.jpgSelanjutnya buka dan letakkan dalam corong pisah sehingga tepat melekat dengan corong pisah. Tuangkan campuran heterogen yang akan dipisahkan, sedikit demi sedikit, kira-kira banyaknya campuran tersebut adalah sepertiga dari tinggi kertas.

Lakukan berulang-ulang, sehingga kita dapat memisahkan partikel padat dengan cairannya. Hasil filtrasi adalah zat padat yang disebut residen dan zat cairnya disebut dengan filtrat.




Proses filtrasi juga dilakukan dengan dua cara, yang pertama dilakukan dengan tanpa tekanan atau hanya dilakukan menggunakan corong dan kertas saring saja dimana cairan mengalir karena adanya gaya grafitasi.

Pemisahan ini sangat cocok untuk campuran heterogen dimana jumlah cairannya lebih besar dibandingkan partikel zat padatnya. Yang kedua adalah filtrasi (penyaringan) dengan menggunakan tekanan atau dengan cara divakumkan (disedot dengan pompa vakum). Proses pemisahan dengan teknik ini sangat tepat dilakukan, jika jumlah partikel padatnya lebih besar dibandingkan dengan cairannya.

D. PEMANFAATAN DALAM KEHIDUPAN

Pada  proses  pemisahan  suatu  campuran  ada  yang  memerlukan  metode pemisahan,  ada  pula  yang  dikombinasi  lebih  dari  satu  jenis  metode.  Berikut  ini beberapa  contoh  pemanfaatan  metode  pemisahan  dengan  menggunakan  metode pemisahan tertentu.
1.  Pemurnian Garam Dapur
Air  laut  banyak  mengandung  mineral  terutama  garam  dapur  (NaCl).  Petani garam  dapur  memisahkan  garam  dapur  dengan  menjemur  air  laut  pada  sebuah bangunan  yang  datar  dan  lapang.  Garam  yang  diperoleh,  kemudian  diolah  di industri untuk dicuci dan ditambah iodium.
2.  Pemurnian Air Minum
Air  adalah  sumber  kehidupan.  Air  selalu  diperlukan  dalam  setiap  bidang kehidupan kita.bagi penduduk Indonesia, tidak sulit untuk mendapatkan air tawar, namun  di  daerah  timur  tengah  sulit  untuk  mendapatkan  air  tawar.  Mereka melakukan  penyulingan  (destilasi)  untuk  memperoleh  air  tawar  secara  besar-besaran.

No comments:

Post a Comment

 
BEZNANDA KURNIAWAN © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter