ARTIKEL / MAKALAH HARDWARE LENGKAP


PEMBAHASAN
 HARDWARE KOMPUTER
 
Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi di bawah kontrol program yang tersimpan di memorinya.  Di dalam sebuah komputer terdapat perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras adalah peralatan yang berwujud fisik atau peralatan komputer yang dapat dilihat dan diraba dengan menggunakan indera kita. Perangkat keras (hardware) yang terdapat dalam sebuah kom puter terdiri dari beberapa bagian, diantaranya  :

A.     PERANGKAT INPUT DEVICE
Adalah  jenis perangkat untuk member masukan kedalam computer. Selain itu juga berfungsi untuk menterjemahkan kode-kode yang dikenal oleh media input kedalam kode-kode yang dikenal oleh computer, kemudian mengirimkan data tersebut kedalam media penyimpanan.
Contoh perangkat input computer, antara lain:
1. Keyboard
Keyboard merupakan perangakat masukan ynag menyerupai mesin ketik yang berfungsi untuk memasukkan data berupa teks (huruf,angka,tanda baca, atau karakter). Penciptaan keyboard berasal dari model mesin ketik yang diciptakan oleh Christopher Latham pada tahun 1868. Keyboard yang digunakan sekarang adalah jenis QWERTY. Jumlah tombol pada keyboard berjumlah 104 tombol. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port yaitu port serial, PS/2, USB, dan wireless. Jenis-jenis keyboard, yaitu: QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG.
2. Mouse
Mouse merupakan alat penunjuk ( screen pointing device) pada computer. Selain menggerakkan kursor, mouse juga dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri yang digunakan sebagai pengganti enter dan fungsi Select pada keyboard.
3. Light Pen
Light Pen merupakan perangkat masukan berupa pena yang disambungkan kabel debelakangnya, dimana kabel ini akan dihubungkan langsung ke computer. Light Pen menggunakan cahaya ketika menerima masukan.
4. Joystick
Joystick merupakan perangkat keras pada computer yang biasanya digunakan untuk game computer. Alat ini memiliki tombol dan sebuah tuas yang bisa digerakkan kesegala arah untuk mengendalikan gerakan objek pada monitor.

5. Touch Pad
Touch Pad merupakan perangkat penunjuk berupa tempat datar untuk menggeser pointer pada layar monitor dengan menempelkan jari diatasnya, kemudian digeser kea rah yang dikehendaki.


6. Trackball
Trackball merupakan alat masukan yang prinsip kerjanya hamper sama dengan mouse. Bedanya jika ingin menggerakkan pointer mouse dilayar diperlukan pergeseran mouse, sedangkan trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball kearah yang dikehendaki dengan jari.


7. Kamera

Alat ini bekerja dengan memfokuskan cahaya kedalam Charge Couple Device (CCD) yang terdiri dari elemen-elemen sensitive terhadap cahaya, seperti adanya titik(dot) yang membuat gambar.

8. Scanner
Scanner merupakan alat masuka yang didesain untuk menyalin atau mengopi teks ataupun gambar grafis dalam computer untuk kemudian disimpan dalan bentuk file.

9. Digitizer
Digitizer merupakan alat masukan yang menggunakan media magnetis yang fungsinya untuk memindahkan gambar dari suatu media kertas kekomputer.


10. Barcode reader
Barcode reader adalah piranti yang berfungsi membaca data dalam bentuk barcode. Barcode biasa ditemukan melekat apda produk-produk pasar swalayan atau buku cetakan. Barkot berupa deretan garis tegak dengan ketebalan yang bermacam-macam.


11. Graphics pad
Teknologi computer aided design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah , mesin mobile, dan pesawat dengan menggunakan graphic pad.



B.     PERANGKAT PEMPROSESAN DEVICE
adalah peralatan yang terdiri atas beberapa komponen hardware yang saling berhubungan dalam fungsi menerima input data, yang selanjutnya diproses menjadi informasi kepada brainware.
Contoh perangkat pemprosesan antara lain adalah :

1. CPU (central processing unit )

CPU adalah unsur yang paling penting dari sebuah sistem komputer. Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit tercetak. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut microprocessor.




2. motherboard

Motherboard dalah Papan utama dari komputer yang dimana semua komponen dipasang, mulai dari Processor, memory, slot – slot, dn ekspensi lainnya.
Merupakan Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang padanya dan mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.
Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard, mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

3. Processor

Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah system komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer. Processor berfungsi untuk melakukan perhitungan dan mengatur segala jenis kegiatan di dalam system komputer.






4. RAM ( Random Access Memory )

Memori penyimpanan sementara yang bersifat acak, biasanya disebut juga dengan memory kerja. Pada memory ini karena disimpan sementara (volatile), maka apabila komputer tidak mendapatkan daya (off), maka data yang disimpan pada memori ini akan hilang.

5. ROM ( Read Only Memory )

Disingkat dengan ROM. Memori yang hanya dapat dibaca. ROM dapat dibaca tapi tidak dapat diperbaharui. Biasanya ROM dipakai untuk menyebutkan bagian-bagian elektronik tertentu dlam suatu komputer. Disk non alterable seperti CD-ROM merupakan suatu jenis penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Read Only Memory bersifat non-volatile dan tidak hilang meskipun power dimatikan.

6. Memory
   
Adalah sebuah alat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saja, Memori merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.

7. register prosesor

Adalah sejumlah kecil memori komputer yang bekerja dengan kecepatan sangat tinggi yang digunakan untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai yang umum digunakan. Register umumnya diukur dengan satuan bit yang dapat ditampung olehnya, seperti "register 8-bit", "register 16-bit", "register 32-bit", atau "register 64-bit" dan lain-lain.

C.     PERANGKAT OUTPUT DEVICE
Adalah piranti keluaran yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan data atau informasi dari komputer. Output device juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.

1.        Monitor

Adalah alat yang dapat melihat semua proses dalam computer. tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan melakukan analisis data serta melihat hasil kerja dari computer. Paling banyak monitor CRT, yang lagi trend monitor LCD, mungkin monitor masa depan dengan proyektil hologram.


2.      Proyektor lcd

alat keluaran yang mempunyai fungsi sama dengan monitor. Perbedaannya, LCD Proyekyot membutuhkan media penerima pancaran signal-signal infocus, media penerima tersebut sebaiknya memiliki permukaan datar dan berwarna putih (terang). Contoh media yang biasa digunakan yaitu dinding putih, whiteboard, ataupun kain/layar putih yang dibentangkan.       

3.      Printer

Adalah unit keluaran yang berfungsi untuk mengeluarkan data dari komputer. data yang dikeluarkan tersebut, dikeluarkan dengan cara mencetak data dari komputer kedalam media kertas. hasil cetakan tersebut dapat berupa tulisan, maupun gambar. Terdapat tiga jenis printer yaitu printer dot matrik, printer inkjet, dan printer laser jet.


4.      Plotter

Adalah alat yang digunakan untuk Mencetak hasil kerja pada media cetak dengan ukuran yang besar. Contohnya : sablon, spanduk ,dll.




5.      Speaker
adalah output device yang dapat membuat data audio di komputer dapat diperdengarkan. Speaker merupakan kebalikan dari Microphone pada unit masukan. Speaker mampu mengeluarkan suara dari komputer dengan cara mengubah sinyal elektrik menjadi frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan suatu komponen bentuknya seperti selaput. Sehingga suara dapat terdengar oleh indera pendengaran manusia.

D.    PERANGKAT PENYIMPANAN DEVICE
adalah perangkat keras yang difungsikan untuk menyimpan data. Mass Storage termasuk dalam kelompok perangkat I/O device. Macam mass storage antara lain floppy disk, harddisk, CD-ROM, DVD, dan flashdisk. Hampir semua mass storage yang banyak dipakai belakangan ini berbentuk disk/piringan sehingga operasi data dilakukan dengan perputaran piringan. Dari perputaran ini, dikenal satuan rotasi piringan yang disebut RPM (Rotation Per Minute).

1.        Hard disk

Adalah media penyimpanan dengan kapasitas paling besar. Selain kapasitas harddisk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan putarannya ketika membaca dan menuliskan data. Kecepatan putaran harddisk menentukan kecepatan akses data ke harddisk. Setiap komputer pasti mempunyai harddisk. Harddisk digunakan dengan tujuan sebagai tempat penyimpan data yang digunakan untuk satu komputer.


2.      Floppy disk

Adalah alat untuk memyimpan data, namun dengan kapasitas yang relatif kecil. Kemampuan simpan dari disket sekitar 1,44 MB. Untuk melakukan penyimpanan dan pembacaan disket diperlukan adanya floppy disk drive.



3.      Magneto-optical
Adalah Media penyimpanan yang digunakan dengan bantuan sinar leser dan head magnetic.





4.      Optical disk

Adalah Media penyimpanan optikal menggunakan sinar leser untuk menulis dan mengambil data darinya.






5.      Flash disk

Adalah alat untuk menyimpan data eksternal yang menggunakan penghubung USB. Pada saat ini flashdisk merupakan media penyimpanan yang paling mudah ditemui karena bentuknya yang kecil, mudah untuk dibawa, serta kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Seiring dengan perkembangan teknologi flashdisk menjadikan harga flashdisk makin terjangkau. Kapasitas penyimpanan flashdisk meliputi: 64 MB, 128 MB, 256 MB, 1GB, 2 GB dan saat ini telah mencapai di atas 4 GB.







6.      SSD

Adalah Penggerak Zadat atau Solid-State Drive (SSD) adalah media penyimpanan data yang menggunakan ngingatan tak gabar (nonvolatile memory) sebagai media dan tidak menggunakan cakram magnetis seperti cakram keras konvensional. Berbeda dengan ngingatan gabar (volatile memory) (misanya RAM), data yang tersimpan pada SSD tidak akan hilang meskipun daya listrik tidak ada.
















































































No comments:

Post a Comment

 
BEZNANDA KURNIAWAN © 2012 | Designed by Meingames and Bubble shooter